Thursday, April 6, 2006

Bakrieland garap superblok Rp2 triliun

Oleh Irsad
Bisnis Indonesia


JAKARTA: PT Bakrieland Development Tbk segera memulai pengembangan proyek Rasuna Epicentrum Juli depan dengan pembangunan Bakrie Tower dan properti lifestyle dengan investasi sekitar Rp900 miliar.

Dua proyek properti ini akan menjadi bagian dari pengembangan kawasan superblok Rasuna Epicentrum yang direncanakan dibangun secara bertahap selama sepuluh tahun ke depan dengan total investasi sekitar Rp2 triliun.

Superblok Rasuna Epicentrum sendiri merupakan proyek konsep baru dari pengembang itu dalam melanjutkan pengembangan kawasan Taman Rasuna pascapembelian lahan tambahan seluas 12 hektare dari Bank Bumiputera pada akhir tahun lalu.

Direktur Utama Bakrieland Marudi Surachman mengatakan untuk pengembangan tahap pertama akan dibangun Bakrie Tower 48 lantai bersama dengan proyek lifestyle dengan investasi masing-masing Rp600 miliar dan Rp300 miliar.

Menurut dia, proyek ini menjadi bagian dari proyek terintegrasi dalam konsep superblok untuk melanjutkan pengembangan kawasan Taman Rasuna yang telah ada seluas 32,7 ha.

"Rasuna Epicentrum ditujukan untuk menjadi sebuah tempat di Jakarta, di mana orang datang dan tinggal untuk menikmati kesuksesannya dalam gaya hidup yang berkualitas," katanya di sela-sela peluncuran logo baru proyek tersebut di Jakarta, kemarin.

Dia mengatakan pasca-dibelinya lahan tambahan 12 ha menjadikan pengembangan kawasan Taman Rasuna menjadi lebih cerah, sehingga perusahaan memutuskan memperbesar desain dan skala proyek.

Sementara itu, konsultan Proyek Rasuna Epicentrum M. Ridwan Kamil mengatakan proyek ini didesain menjadi proyek superblok terbaik di Indonesia dengan rancangan kawasan yang lebih menyeluruh dan berorientasi masa depan.

Marudi mengatakan dengan diluncurkan proyek itu maka dalam lima tahun ke depan kegiatan perusahaan akan lebih fokus kepada proyek Rasuna Epicentrum.

Di antara proyek yang akan dikembangkan a.l. gedung perkantoran, kondominium, taman, lifestyle, pusat hiburan, gedung konser sekelas pertunjukan orkestra, proyek wisata kanal yang akan digabungkan dengan proyek yang sudah ada yaitu apartemen Taman Rasuna, Pasar Festival, Aston Rasuna Residence, Rasuna Office Park, dan Klub Rasuna.

Menurut dia, perusahaan secara serius akan mendedikasikan potensi yang ada untuk menyelesaikan proyek terbesar bagi perusahaan itu.

Dirut Bakrieland mengatakan proyek tahap pertama akan selesai dalam dua tahun mendatang, sehingga pada 2008 sudah akan selesai sejumlah proyek a.l. renovasi Pasar Festival, Epicentrum Media Walk & Lifestyle Center, Bakrie Tower, Condominium tahap I.

Pendanaan

Dalam pengembangan proyek itu, lanjutnya, sejauh ini tidak ada kendala dalam hal pendanaannya karena masih bisa disediakan oleh perusahaan melalui sejumlah pendanaan.

Untuk itu, tambahnya, perusahaan masih bisa melakukan penggarapan sendiri untuk menangani penggarapan proyek itu.

"Sekarang kami masih lakukan sendiri tapi ke depan kami tidak menutup kemungkinan kalau ada mitra yang berminat bergabung dalam proyek kami ini," katanya.

Sementara itu, pakar tata perkotaan Moh. Denisworo mengatakan proyek Rasuna Epicentrum lebih cocok disebut dengan megablok karena dengan luas areal yang mencapai 40 ha menjadikannya jauh lebih besar.

Dalam hal ini, menurut dia, konsep superblok itu biasanya hanya untuk pengelolaan kawasan berluas 5 hektare-20 hektare, sehingga kalau lebih dari itu lebih cocok dengan sebutan megablok. (irsad.sati@bisnis.co.id)

0 Comments: