Sunday, January 20, 2008

Sahid Perdana Twin Towers, 50 Floors, 210 metres

http://jajaki.com

Yang berkelas dari Sahid Perdana dan The Financial Tower

Banyak gedung berkelas yang telah muncul di Indonesia. Tapi kini giliran menara kembar Sahid Perdana dan menara perkantoran The Financial Tower yang unjuk kehebatan dan sensasional.

Sahid Perdana berlokasi di Sahid City Superblok di Bilangan Sudirman, Jakarta Pusat. Sementara The Financial Tower berada di kawasan Rasuna Epicentrum, Bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Keduanya tak aral melintang, akan masuk dalam profil proyek properti terbaik yang akan masuk dalam buku laris Architecture@07, bersama karya-karya arsitektur di Asia Tenggara, China, dan Australia. Buku itu sedianya akan beredar secara regional pada September depan.

Menurut penilaian BCI Asia, lembaga riset dan konsultan konstruksi regional yang menerbitkan buku itu, keduanya merupakan rancangan desain arsitektur Indonesia yang sangat maju sehingga layak mewakili Indonesia bersama karya-karya arsitektur di Asia Tenggara, China, dan Australia.

Keduanya memang masih dalam perancangan, tapi dalam tataran konsep dan kualitas arsitektur dinilai sangat baik.

Menara kembar Sahid Perdana terdiri dari 50 lantai hotel bintang lima dan 45 lantai gedung perkantoran dengan fasilitas modern mendukung kawasan superblok hunian diantara kesibukan aktivitas bisnis.

Sementara itu, The Financial Tower merupakan bentuk bangunan rangkaian cincin panel komposit alumunium berbentuk elips pada fa‡ade menara 12 lantai.

Dan, di belakang kedua proyek itu tampil, arsitek muda yang lagi naik daun, Ridwan Kamil, dari Urbane Indonesia.

Ridwan berkolaborasi dengan rekan-rekan arsiteknya dalam mewujudkan desain kedua proyek itu.

Menurut Dian Putra, Senior Riset dan Pengembangan BCI Asia kantor perwakilan Indonesia, kehebatan kedua desain arsitektur kedua proyek itu berakar pada kekuatan filosofi budaya lokal atau negeri sendiri.

0 Comments: