Wednesday, February 21, 2007

Enam Lantai The City Tower Telah Tersewa

Investor Daily
21/02/2007


Enam lantai dari 13 lantai menara perkantoran The City Tower di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang akan disewakan telah laku dipesan sejumlah perusahaan besar. Sementara itu, penyewaan terhadap tiga lantai yang lain saat ini dalam pembicaraan.

“Kami sedang negosiasi dengan perbankan besar. Kami belum bisa menyebut namanya termasuk nama-nama mereka yang sudah menyewa. Yang jelas perusahaan-perusahaan besar,” ujar Direktur Utama PT Kencana Graha Mandiri (KGM) Harry Gunawan kepada Investor Daily di Jakarta, Senin (19/2). KGM adalah pengembang The City Tower.

The City Tower yang menurut rencana terdiri atas 33 lantai akan menempati areal seluas 6.000 m² di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Proyek ini diperkirakan menelan total investasi Rp 650 miliar lebih. Dari total lantai yang ada, sebanyak 13 lantai disewakan, sedangkan sisanya akan dijual lepas (strata title).

Satu tenant (penyewa), ungkap Harry, minimal harus menyewa satu lantai. Hal ini ditetapkan agar penyewa yang masuk benar-benar perusahaan yang besar dan berkualitas. “Kami tidak ingin menara kantor ini riot (kacau, red) karena banyak penyewa kecil yang rasio penghuni ruangnya biasanya tinggi,” ujar dia.

Saat ini, menurut Harry, per m² ruang kantor The City Tower disewakan dengan harga US$ 1.800. Sebelumnya ia menyatakan optimistis, hingga menjelang pembangunan The City Tower selesai, sekitar 85-90% ruang yang dijual lepas akan laku.

Harry manambahkan, pada 1 Maret mendatang pihaknya akan menetapkan perusahaan kontraktor pelaksana konstruksi proyek The City Tower. Dua minggu kemudian proses konstruksi dijadwalkan untuk dimulai. Sebelumnya ia pernah mengatakan, proyek ini dijadwalkan selesai akhir 2008 dan saat rampung nanti akan memberi pasokan ruang perkantoran baru di Jakarta sekitar 72.500 m².

Perkantoran ini, jelas Harry, akan memiliki sistem pengamanan berteknologi tinggi (high tech) dan dilengkapi dengan pusat data (data based center). Berdasarkan perhitungan sementara, anggaran untuk sistem pengamanan ini mencapai Rp 17 miliar.

Selain itu, The City Tower juga akan dilengkapi dengan toilet VIP, lift eksekutif serta restoran dan club di lantai 33. Selain itu, KGM juga berencana menyediakan dapur di setiap lantai dan menambah satu jalur jalan di Jalan MH Thamrin “Jadi, office ini kami dijual dengan konsep dan fasilitas, terutama fasilitas security. Bisa jadi ini pekantoran tercanggih di Jakarta, karena kenyamanan penghuni kami jaga,” jelas Harry. (nas)

0 Comments: